self-reflection

Leaving Legacy

 

UPDATED! video yang tentang doa nabi Sulaiman AS ada di playlist yang nomor 2 yaa (ga ngerti gimana cara ngeattachnya ._.)

Prophet Sulaiman’s Prayer

Dia berkata, “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapa pun setelahku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Pemberi.”

Kemudian Kami tundukkan kepadanya angin yang berhembus dengan baik menurut perintahnya ke mana saja yang dikehendakinya. dan (Kami tundukkan pula kepadanya) setan-setan, semuanya ahli bangunan dan penyelam, dan (setan) yang lain yang terikat dalam belenggu.

Quran Surat Sad (38):35-38

terimakasih sebelumnya kepada Sheyka yang udah ngetag video ini di FB 🙂

menurut saya pesannya bagus banget. refleksi buat saya dan kita-kita yang udah di umur 20an ini. mau ngapain sih ke depannya? mau ninggalin amal apa?

dalam doa Nabi Sulaiman AS di atas, setelah beliau memohon ampunan Allah SWT, beliau meminta sebuah kerajaan, yang bahkan tidak ada tandingannya di muka bumi.

ternyata doa minta kerajaan bukan berarti Nabi Sulaiman AS dunya-oriented.

sesungguhnya, Nabi Sulaiman AS menyadari akan pentingnya meninggalkan sebuah legacy, yang akan terus mengalirkan pahala sepeninggalnya. beliau menyadari bahwa ia memiliki kemampuan lebih dalam hal pemerintahan.

some people can’t handle fame, money, compliment, power, etc. but Prophet Sulaiman AS has the ability to handle the power, and it doesn’t corrupt him.

maka, beliau pun memohon kepada Allah SWT sesuai dengan kelebihannya dalam memimpin, yaitu dalam bentuk sebuah kerajaan. yang mana dengan kerajaan tersebut beliau gunakan untuk agama Allah. jadi sejatinya it’s normal for us to ask Allah to give more of our strengths.

oleh karena itu, first things first, identify your strengths and weaknesses. then, make a pledge to Allah that we will use it (di mana pun ranah kita), for the strengthening of this deen. for leaving a legacy that is longer than our own. all of these are in hopes of earning Allah’s forgiveness.

kalau kita ga mau mencari tahu kelebihan dan kelemahan apa yang kita punya, ga memaksimalkan potensi diri yang ada, nantinya mau ninggalin bekal apa?

Advertisements

One thought on “Leaving Legacy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s